YouTube Ubah Cara Menghitung Tontonan Shorts, Apa Dampaknya bagi Kreator?

JAKARTA, GENVOICE.ID - YouTube mengumumkan perubahan dalam cara menghitung jumlah tontonan di YouTube Shorts. Mulai 31 Maret, jumlah tontonan akan dihitung berdasarkan seberapa sering video mulai diputar atau diputar ulang, bukan lagi setelah ditonton selama beberapa detik.

Perubahan ini bertujuan untuk memberikan wawasan lebih akurat bagi kreator mengenai jangkauan konten mereka. Dengan sistem baru ini, jumlah tontonan diperkirakan akan meningkat, selaras dengan metrik yang digunakan oleh platform lain seperti TikTok dan Instagram Reels.

YouTube Ubah Cara Menghitung Tontonan Shorts, Apa Dampaknya bagi Kreator?
- (Dok. Moneycontrol).

YouTube menyatakan bahwa perubahan ini tidak akan memengaruhi pendapatan kreator atau kelayakan mereka dalam YouTube Partner Program. Metrik lama, yang kini disebut "engaged views", tetap tersedia di YouTube Analytics - Advanced Mode bagi kreator yang ingin melihat jumlah penonton yang memilih untuk terus menonton video mereka.

Melalui pembaruan ini, YouTube berharap kreator dapat lebih memahami performa video pendek mereka serta menyusun strategi konten yang lebih efektif.

D
Daniel R
Penulis
  • Tag:
  • Techno
  • Youtube

0 Comments

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama berkomentar!

Kirim
Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE