Roemah Koffie Luncurkan Academy & Learning Hub untuk Cetak Profesional Kopi Berkualitas

JAKARTA, GENVOICE.ID - Roemah Koffie, roastery dan coffee shop yang berbasis di Gading Serpong, Tangerang, bersiap meluncurkan Roemah Koffie Academy & Learning Hub. Pusat edukasi ini digadang-gadang menjadi salah satu yang paling komprehensif di Indonesia, bertujuan mencetak profesional kopi berkualitas.

Roemah Koffie Academy akan resmi dibuka pada Maret 2025 di S8 Tower, Gading Serpong, berdekatan dengan Hotel Episode. CEO Roemah Koffie, Felix TJ, mengungkapkan bahwa lokasi ini juga akan menjadi rumah bagi outlet kedua mereka, Roemah Koffie S8 Tower. Sebelumnya, Roemah Koffie telah hadir di Carstenzs Mall, Gading Serpong, dengan konsep heritage yang timeless.

Roemah Koffie Luncurkan Academy & Learning Hub untuk Cetak Profesional Kopi Berkualitas
- (Dok. Instagram/Angeljaz).

Di outlet baru ini, Roemah Koffie mengusung konsep modern experience yang lebih eksklusif serta menawarkan pilihan menu lebih beragam. Selain menjadi tempat bersantai, outlet ini juga akan berfungsi sebagai headquarters Roemah Koffie Academy, Learning Hub, serta pusat riset dan pengembangan (R&D) Roemah Koffie.

Roemah Koffie Academy hadir sebagai wadah bagi para pecinta kopi yang ingin mendalami ilmu kopi bersama para pelatih profesional. Academy ini didukung oleh jajaran coaches berpengalaman, termasuk juri kompetisi nasional, Indonesia Latte Art Champion, serta pelatih bersertifikasi dari Specialty Coffee Association (SCA) seperti SCA Coffee Courses & Consultancies, SCA Q Grader, SCA Q Processor, dan SCA Certified Roaster.

"Kami ingin memastikan bahwa academy ini memiliki standar kualitas tinggi, baik dari segi pengajar maupun fasilitasnya." ungkap Felix. "Oleh karena itu, kami melengkapi akademi ini dengan tools terbaik agar peserta mendapatkan pengalaman belajar yang maksimal," tambahnya.

Roemah Koffie Academy menawarkan empat program utama yang dirancang khusus bagi para calon profesional kopi:

  1. Barista Class
  2. Roasting Class
  3. Basic Latte Art
  4. Basic Manual Brewing

Setiap program akan dipandu oleh pelatih berpengalaman di bidangnya. Bahkan, sebagai langkah untuk memastikan standar internasional, Roemah Koffie telah merekrut seorang SCA Coffee Courses & Consultancies dari Spanyol sebagai Head Academy.

Felix menegaskan bahwa akademi ini memiliki misi besar dalam mengembangkan industri kopi Indonesia dengan membekali generasi muda keterampilan dan wawasan yang mendalam. "Kami ingin menjadi game changer di industri kopi dengan membekali mereka keterampilan, wawasan, dan pengalaman yang mendalam," ujarnya.

Selain edukasi, Roemah Koffie juga berupaya mengenalkan budaya Indonesia melalui produk unggulannya. Salah satu yang menjadi kebanggaan mereka adalah Rambadia, kopi khas Nusantara yang berasal dari Gayo, Aceh.

Felix menjelaskan bahwa Rambadia terinspirasi dari lagu daerah Sumatra Utara yang melambangkan kebersamaan, persatuan, dan harmoni. Dalam budaya Batak, lagu Rambadia sering dinyanyikan sebagai simbol persaudaraan dan gotong royong. Filosofi ini pun diterapkan dalam perjalanan kopi, dari perkebunan hingga tersaji dalam cangkir.

"Sama seperti proses yang dilalui kopi, mulai dari di perkebunan, dipanen petani, masuk ke roastery, hingga disajikan oleh barista, Rambadia ini menyimbolkan kerja sama untuk menciptakan kesempurnaan secangkir kopi," kata Felix.

Dengan menamai biji kopi mereka Rambadia, Roemah Koffie ingin menyampaikan pesan bahwa kopi adalah medium yang menyatukan, membangun kebersamaan, dan menciptakan kehangatan di setiap kesempatan.

"Ini sejalan dengan visi Roemah Koffie yang berkomitmen untuk menjadi wadah ekosistem industri kopi di Indonesia dengan semangat kebersamaan," lanjut Felix.

Sebagai bagian dari kampanye ini, Roemah Koffie berencana menampilkan kopi unggulan dari berbagai daerah di Indonesia setiap bulan. Maret ini, mereka akan mengangkat Rambadia sekaligus memperkenalkan budaya Sumatra Utara melalui pengalaman menikmati kopi yang lebih autentik dan premium.

"Setiap bulan, kami akan menghadirkan kopi unggulan dari berbagai daerah di Indonesia. Di bulan Maret, adalah Rambadia yang kami perkenalkan. Untuk bulan berikutnya, kami sudah menyiapkan kejutan lainnya. Nantikan program kami selanjutnya," tutup Felix.

R
Reza Aditya
Penulis
  • Tag:
  • JHL
  • Roemah Koffie
  • food
  • Kopi

0 Comments

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama berkomentar!

Kirim
Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE