KAI Ciptakan Fasilitas Canggih yang Siap Manjakan Penumpang, Jamin Keamanan dan Kenyamanan Pemudik
JAKARTA, GENVOICE.ID - PT Kereta Api Indonesia (KAI) terus berkomitmen memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik Lebaran 2025 dengan menciptakan fasilitas yang siap memanjakan penumpang. Direktur Utama KAI, Didiek Hartantyo, menegaskan bahwa keamanan dan kenyamanan menjadi prioritas utama perusahaan.
"Kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan para pelanggan. KAI akan terus menghadirkan layanan berbasis keselamatan dan keamanan. Selama perjalanan, kami menjamin keselamatan dan kenyamanan seluruh pengguna jasa kereta api," ujar Didiek, dikutip dariAntara,Senin, (24/3).
Sebagai bagian dari upaya meningkatkan kenyamanan, KAI menyiapkan berbagai fasilitas modern di stasiun dan dalam perjalanan. Didiek menuturkan bahwa pengembangan layanan tidak hanya meningkatkan pengalaman pelanggan, tetapi juga mendukung tujuan bisnis berkelanjutan perusahaan.
"Kami ingin memberikan pengalaman perjalanan yang lebih baik bagi pelanggan. Selain itu, dalam mendukung aspek keberlanjutan, kami telah menyediakan water station di hampir seluruh stasiun untuk mengurangi penggunaan botol plastik," tambahnya.
Salah satu inovasi terbaru yang diterapkan KAI adalah sistem face recognition untuk proses boarding. Teknologi ini mempersingkat antrean dan meningkatkan efisiensi layanan di stasiun.
"Sistem boarding kini menggunakan face recognition, seperti yang bisa kita lihat di Stasiun Gambir. Dengan teknologi ini, antrean hampir tidak ada karena proses boarding menjadi jauh lebih cepat," ungkap Didiek.
Saat ini, layanan face recognition telah tersedia di 21 stasiun KAI, di antaranya:
-
Stasiun Gambir
-
Pasar Senen
-
Bekasi
-
Bandung
-
Kiaracondong
-
Cirebon
-
Semarang Tawang Bank Jateng
-
Pekalongan
-
Semarang Poncol
-
Tegal
-
Purwokerto
-
Kutoarjo
-
Yogyakarta
-
Lempuyangan
-
Solo Balapan
-
Madiun
-
Surabaya Pasarturi
-
Surabaya Gubeng
-
Malang
-
Jember
-
Medan
Tingginya minat masyarakat terhadap perjalanan mudik tahun ini juga tercermin dari angka penjualan tiket yang terus meningkat. Hingga Senin (24/3) pukul 15.00 WIB, total tiket yang telah terjual mencapai 2.810.355 tiket atau sekitar 76 persen dari total kapasitas yang disediakan.
Dari jumlah tersebut, tiket perjalanan kereta api jarak jauh mendominasi dengan total penjualan mencapai 2.612.616 tiket, sedangkan tiket KA lokal tercatat sebanyak 197.739 tiket atau sekitar 17 persen dari total kapasitas.
Dengan berbagai inovasi dan fasilitas yang terus ditingkatkan, KAI optimistis dapat memberikan pengalaman mudik yang lebih aman, nyaman, dan efisien bagi masyarakat.
0 Comments





- Dua Jamaah di Pemalang Meninggal Tertimpa Pohon Saat Shalat Idul Fitri
- UGM Kembangkan AI untuk Deteksi Dini TBC, Dukung Eliminasi Kasus di Indonesia
- Brian James, Gitaris Pendiri The Damned Meninggal Dunia pada Usia 70 tahun
- Perusahaan Kecerdasan Buatan (AI) Sesame Resmi Merilis Mesin di Balik Asisten Suara Maya
- Leo/Bagas Gagal Juara di All England 2025, Kim/Seo Rebut Gelar Usai Duel Ketat
- Sofia Gubaidulina, Pencipta Simfoni Kebebasan, Meninggal Dunia di Usia 93 Tahun
- Apa Itu Puasa Intermiten dan Adakah Potensinya dalam Meredakan Gejala GERD? Ini jawabannya!
- Heboh Polisi Cegat Pemobil di Tol, Tuduh Bawa Narkoba hingga Bikin Anak Kecil Ketakutan
Belum ada komentar. Jadilah yang pertama berkomentar!