Libur Panjang Mei 2025, KAI Tambah Hampir 10 Ribu Kursi Per Hari untuk Layani Lonjakan Penumpang
JAKARTA, GENVOICE.ID - Pada libur panjang Mei 2025, PT Kereta Api Indonesia (Persero) mengambil langkah antisipatif dengan menambah kapasitas angkut untuk mengantisipasi lonjakan penumpang.
Dilansir dari Antara, penambahan ini dilakukan untuk memastikan masyarakat dapat mengakses transportasi yang aman, nyaman, dan tepat waktu, terutama selama long weekend yang diperkirakan akan menghadirkan peningkatan mobilitas yang signifikan.
Menurut Anne Purba, Vice President Public Relations KAI, penambahan kapasitas mencapai 9.948 kursi per hari. Langkah tersebut dibagi menjadi dua skema utama. Pertama, dengan pengoperasian 14 kereta api tambahan yang memberikan 6.312 kursi per hari, dan kedua, dengan optimalisasi formasi rangkaian (stamformasi) pada kereta api reguler yang menambah 3.636 tempat duduk. Penambahan ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan penumpang selama masa libur panjang.
KAI juga memastikan bahwa sejumlah kereta favorit akan mendapatkan peningkatan formasi, seperti KA Malabar (Malang-Bandung), KA Argo Sindoro dan Argo Muria (Semarang Tawang-Gambir), serta KA Menoreh (Semarang Tawang-Pasarsenen). Kereta-kereta lainnya, seperti KA Gunung Jati, KA Cirebon Fakultatif, KA Kamandaka, dan KA Kaligung juga mengalami penambahan formasi untuk mendukung kelancaran perjalanan.
Beragam kelas tempat duduk juga disediakan, mulai dari kelas Eksekutif, Ekonomi, hingga KA Wisata. Penambahan ini dirancang untuk menjangkau berbagai segmen pelanggan KAI, dari mereka yang mencari kenyamanan ekstra hingga yang mengutamakan harga lebih terjangkau. Selain itu, KAI juga menambah jumlah perjalanan harian dengan mengoperasikan 14 kereta api tambahan, serta mempersiapkan 109 unit sarana operasional, yang terdiri dari 8 lokomotif tambahan, 79 kereta tambahan, dan 22 kereta hasil optimalisasi.
Selama masa angkutan libur Hari Raya Waisak dan cuti bersama, yang berlangsung dari 9 hingga 14 Mei 2025, KAI menyediakan total 980.929 tempat duduk. Angka tersebut terdiri dari 825.297 tempat duduk untuk kereta jarak jauh dan 155.632 tempat duduk untuk kereta lokal. Dengan total 2.441 perjalanan kereta api, baik kereta reguler maupun tambahan, KAI berkomitmen untuk menjaga kelancaran mobilitas masyarakat di seluruh Indonesia.
Tidak hanya menambah kapasitas, KAI juga mempersiapkan fasilitas penunjang di stasiun, termasuk ruang tunggu dan layanan boarding yang terintegrasi dengan sistem face recognition di sejumlah stasiun besar. Teknologi ini diharapkan dapat mempercepat proses validasi tiket dan meningkatkan pengalaman pelanggan, menjadikan perjalanan semakin efisien dan nyaman.
Dengan langkah-langkah ini, KAI berharap dapat mendukung kelancaran perjalanan masyarakat, serta memastikan konektivitas antar daerah tetap terjaga dengan baik selama periode libur panjang tersebut.
0 Comments





- Sambut Hardiknas 2025! Ini Cara Kreatif Rayakan Hari Pendidikan Nasional dengan Twibbon
- Bengkulu Waspada! Kasus DBD Naik Drastis Hingga Dua Remaja Meninggal Dunia
- Langgar Uji Emisi di Jakarta Timur, Pemilik Kendaraan Terancam Denda Maksimal Rp50 Juta
- Pep Guardiola Yakin Manchester City Tembus Liga Champions: 'Kalau Gagal, Kami Memang Tak Pantas!'
- Gak Lama Naik, Kurs Rupiah Melemah Lagi! Imbas Data Manufaktur Tiongkok dan Ketegangan Perdagangan AS
- Vivo X Fold 5 Resmi Diperkenalkan! Ponsel Lipat Pertama yang Tahan Air, Debu, dan Bisa Dilipat di Dalam Air!
- Indonesia Kirim Bantuan Kemanusiaan ke Myanmar Pasca-Gempa Dahsyat
- Viral! Sapi 400 Kg Mengamuk di Jakarta Timur, 3 Orang Terluka, Motor Remuk!
Belum ada komentar. Jadilah yang pertama berkomentar!