BMW Neue Klasse, Inovasi Mobil Listrik yang Lebih Efisien dan Terjangkau
JAKARTA, GENVOICE.ID - BMW bersiap meluncurkan platform mobil listrik generasi terbaru, Neue Klasse, yang diklaim akan menghadirkan kendaraan lebih efisien, bertenaga, dan ekonomis. Teknologi ini tidak hanya meningkatkan kinerja dan daya tahan baterai, tetapi juga menekan biaya produksi serta meningkatkan keandalan kendaraan listrik BMW di masa depan.
Neue Klasse menjadi bagian dari transformasi besar BMW dalam pengembangan mobil listrik. Konsep ini pertama kali diperkenalkan melalui Vision Neue Klasse 2023 dan Vision Neue Klasse X 2024, yang mencerminkan filosofi desain dan teknologi terbaru BMW. Platform ini merupakan penerus dari Gen5, yang saat ini digunakan dalam model seperti BMW iX dengan daya tempuh hingga 547 km dalam satu kali pengisian daya.
Salah satu inovasi utama dalam Neue Klasse adalah perubahan teknologi baterai. BMW beralih dari baterai sel prismatik berbentuk kotak ke sel silinder, seperti yang digunakan Tesla. Baterai ini memiliki diameter 46 mm dengan tinggi 95 mm atau 120 mm, tergantung pada jenis kendaraan. Dengan perubahan ini, BMW mengklaim peningkatan 20 persen dalam kepadatan energi, serta pengurangan 50 persen dalam biaya produksi, berkat penggunaan material yang lebih murah dengan lebih sedikit kandungan nikel dan kobalt.
Selain itu, platform ini memungkinkan jangkauan hingga 900 km dalam sekali pengisian daya, dengan waktu pengisian yang lebih singkat. Berkat sistem 800 volt, kecepatan pengisian meningkat 30 persen, memungkinkan mobil mengisi daya untuk jarak tempuh sekitar 300 km dalam 10 menit. BMW juga memastikan keberlanjutan produksi baterai dengan membangun enam pabrik di berbagai lokasi global, termasuk satu di Carolina Selatan, Amerika Serikat.
Di sektor tenaga penggerak, Neue Klasse akan menggunakan dua jenis motor listrik, yaitu Externally Excited Synchronous Motor (EESM) di roda belakang dan Asynchronous Motor (ASM) di roda depan. BMW menawarkan berbagai varian tenaga, dengan kombinasi motor yang dapat menghasilkan hingga 1.286 hp. Perubahan desain ini juga diklaim 20% lebih hemat biaya dan 10 persen lebih ringan dibandingkan generasi sebelumnya.
BMW juga memperkenalkan sistem Energy Master, yang bertindak sebagai pusat kendali daya dan baterai. Sistem ini mempermudah perawatan karena memungkinkan perbaikan komponen tanpa harus mengganti seluruh paket baterai.
Meskipun berbagai efisiensi telah dicapai, BMW mengakui bahwa harga mobil listrik masih belum sepenuhnya setara dengan mobil bermesin bensin. Namun, upaya untuk mengurangi biaya produksi dan ketergantungan impor diperkirakan akan mempersempit kesenjangan tersebut dalam beberapa tahun mendatang. Model pertama Neue Klasse dijadwalkan meluncur pada akhir tahun ini, menandai era baru bagi kendaraan listrik BMW.