Mau Batalin Tiket Kereta? Sekarang Bisa Online dan Offline di 65 Stasiun Seluruh Indonesia!
JAKARTA, GENVOICE.ID - PT Kereta Api Indonesia (Persero) kini memperluas kemudahan layanan pembatalan tiket kereta api. Pelanggan dapat membatalkan tiket secara daring melalui aplikasi Access by KAI maupun langsung di 65 stasiun yang telah ditentukan di seluruh Indonesia.
"Layanan ini kami hadirkan untuk memberikan fleksibilitas sesuai kebutuhan perjalanan masing-masing pelanggan," ujar Vice President Public Relations KAI, Anne Purba, dikutip dari Antara, Sabtu (14/6).
Layanan pembatalan tiket secara daring melalui aplikasi Access by KAI dapat dilakukan dengan syarat:
-
Pembatalan dilakukan maksimal 2 jam sebelum jadwal keberangkatan
-
Kode booking berstatus lunas (paid)
-
Pemohon adalah penumpang yang terdaftar di aplikasi Access dengan akun pribadi
-
Dikenakan biaya pembatalan sebesar 25 persen dari harga tiket (di luar biaya pemesanan)
-
Dana akan dikembalikan ke rekening bank atau e-wallet salah satu penumpang dalam kode booking
-
Proses pengembalian dana membutuhkan waktu maksimal 7 hari kerja
Namun, apabila terjadi kesalahan dalam input data rekening, maka pembatalan akan gagal dan pelanggan harus melanjutkan proses secara manual di stasiun.
Beberapa kondisi khusus mengharuskan pembatalan dilakukan langsung di loket stasiun, antara lain:
-
Melebihi batas waktu 2 jam sebelum keberangkatan
-
Kesalahan data rekening pada saat pembatalan online
-
Tiket berasal dari program promo tertentu yang tidak mendukung pembatalan online
-
Kode booking tidak ditemukan di sistem
-
Gangguan teknis atau verifikasi data tambahan yang diperlukan
Daftar 65 Stasiun yang Melayani Pembatalan Manual
DAOP 1 Jakarta: Gambir, Pasar Senen, Jakarta Kota, Bogor Paledang, Bekasi, Cikampek, Cikarang, Sukabumi
DAOP 2 Bandung: Bandung, Kiaracondong, Purwakarta, Tasikmalaya, Banjar
DAOP 3 Cirebon: Cirebon, Cirebon Prujakan, Jatibarang, Brebes
DAOP 4 Semarang: Semarang Tawang, Semarang Poncol, Tegal, Pekalongan, Cepu
DAOP 5 Purwokerto: Purwokerto, Kroya, Cilacap, Kutoarjo
DAOP 6 Yogyakarta: Yogyakarta, Lempuyangan, Solo Balapan
DAOP 7 Madiun: Madiun, Kertosono, Kediri, Jombang, Blitar
DAOP 8 Surabaya: Surabaya Gubeng, Surabaya Pasar Turi, Sidoarjo, Malang, Mojokerto, Bojonegoro
DAOP 9 Jember: Jember, Ketapang, Kalibaru, Probolinggo, Pasuruan
DIVRE I Medan: Medan, Tebing Tinggi, Siantar, Tanjungbalai, Kisaran, Rantauprapat
DIVRE II Sumatera Barat: Padang
DIVRE III Palembang: Kertapati, Prabumulih, Lubuklinggau, Muara Enim, Lahat
DIVRE IV Tanjungkarang: Tanjungkarang, Kotabumi, Baturaja, Martapura, Blambangan Umpu, Labuhan Ratu, Rejosari, Bekri
Anne menegaskan bahwa KAI akan terus berinovasi dan meningkatkan kualitas layanan, termasuk dalam hal kemudahan pembatalan tiket.
"Tujuan kami adalah memberikan pengalaman perjalanan yang menyenangkan dan praktis, termasuk saat pelanggan harus melakukan perubahan rencana," ujarnya.